FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA "RENCANA JUDUL TESIS "



RENCANA JUDUL TESIS

Dosen Pengampu: Prof. Dr. Marsigit, M.A







Disusun oleh
Sri Ningsih
19709251064

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM PASCASARJANA
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2019
1.      Judul Tesis

Efektivitas Model project Based Learning dengan pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra  terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy

2.      Rumusan Masalah
Kurangnya kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa
3.      Metode Penelitian
a.       Jenis Penelitian
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Penelitian ekperimen semu ini dilakukan dengan pemberian treatment (perlakuan) pada kelas eksperimen.
Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design (Sugiyono, 2013:118). Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Kelas yang menggunakan Model project Based Learning dengan pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra sebagai kelas eksperimen  dan kelas yang menggunakan Pembelajarn langsung sebagai kelas kontrol. Pretest diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Postest juga diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan perlakuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran dalam hal kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy.
Tabel 1
Desain Penelitian
Sampel
Pretest
Perlakuan
Postest
Kelas Kontrol
T1
X
T2
Kels Eksperimen
T1
Y
T2
Keterangan:
                        T1         :pemberian tes awal atau pretest
T2           :pemberian tes akhir atau posttest setelah diberikan treatment
X         :perlakuan yang dilakukan dengan menggunakan Pembelajaran Langsung
Y         :perlakuan yang diberikan dengan menggunakan Model project Based Learning dengan pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra
Dalam penelitian ini terdapat dua macam variabel penelitian yaitu:
a)      Variabel bebas
Variabel bebas merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau timbulnya variabel terikat (Sugiyono, 2017:61). Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model project Based Learning dengan pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra.
b)      Variabel terikat
Variabel terikat merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya variabel bebas (Sugiyono, 2017:61). Variabel terikat pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis self-efficacy.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA | Tugas Dari Prof. Dr. Marsigit, MA