FILSAFAT PENDIDIKAN MATEMATIKA "RENCANA JUDUL TESIS "
RENCANA
JUDUL TESIS
Dosen
Pengampu: Prof. Dr. Marsigit, M.A
Disusun oleh
Sri Ningsih
Sri Ningsih
19709251064
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
PROGRAM
PASCASARJANA
UNIVERSITAS
NEGERI YOGYAKARTA
2019
1.
Judul Tesis
Efektivitas
Model project Based Learning dengan
pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra
terhadap kemampuan komunikasi
matematis dan self-efficacy
2.
Rumusan Masalah
Kurangnya
kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy
siswa
3.
Metode Penelitian
a. Jenis
Penelitian
Penelitian ini termasuk
dalam jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu). Penelitian
ekperimen semu ini dilakukan dengan pemberian treatment (perlakuan) pada
kelas eksperimen.
Desain
penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Pretest-Posttest Control
Group Design (Sugiyono, 2013:118).
Penelitian ini melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Kelas yang
menggunakan Model project Based Learning dengan
pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra
sebagai kelas eksperimen dan kelas yang
menggunakan Pembelajarn langsung sebagai kelas kontrol. Pretest diberikan
pada kelas eksperimen dan kontrol untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Postest
juga diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol setelah diberikan
perlakuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran dalam hal kemampuan
komunikasi matematis dan self-efficacy.
Tabel 1
Desain Penelitian
|
Sampel
|
Pretest
|
Perlakuan
|
Postest
|
|
Kelas
Kontrol
|
T1
|
X
|
T2
|
|
Kels
Eksperimen
|
T1
|
Y
|
T2
|
Keterangan:
T1 :pemberian tes awal atau pretest
T2 :pemberian
tes akhir atau posttest setelah
diberikan treatment
X :perlakuan
yang dilakukan dengan menggunakan Pembelajaran
Langsung
Y :perlakuan
yang diberikan dengan menggunakan Model project
Based Learning dengan pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra
Dalam
penelitian ini terdapat dua macam variabel penelitian yaitu:
a) Variabel
bebas
Variabel bebas
merupakan variabel yang mempengaruhi atau yang menjadi sebab perubahannya atau
timbulnya variabel terikat (Sugiyono, 2017:61). Variabel bebas
pada penelitian ini adalah Model project
Based Learning dengan pendekatan STEM berbantuan aplikasi geogebra.
b) Variabel
terikat
Variabel terikat
merupakan variabel yang dipengaruhi atau yang menjadi akibat, karena adanya
variabel bebas (Sugiyono, 2017:61). Variabel
terikat pada penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis self-efficacy.

Komentar
Posting Komentar